Pengertian Zinc Sulphate

Zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral ini memiliki beraneka manfaat, seperti menolong penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menolong pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat.

Asupan zinc biasanya bisa kita peroleh dari makanan, misalnya daging sapi, daging domba, daging ayam, kacang-kacangan, serta sereal biji-bijian utuh. Jumlah zinc yang dibutuhkan oleh tubuh tidaklah banyak.

Suplemen zinc hanya direkomendasikan bagi mereka yang mengalami kekurangan mineral ini. Defisiensi zinc biasanya terjadi dikala seseorang mengalami diare yang parah page one google, menderita penyakit yang menyebabkan usus kesusahan meresap zinc, sirosis, atau selesai menjalani operasi besar.

Menerapkan Zinc Sulphate dengan Benar

Gunakanlah suplemen zinc sulphate sesuai keterangan pada kemasan. Kalau merasa ragu, tanyakan terhadap dokter. Pasien direkomendasikan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur ke dokter. Langkah ini akan menolong dokter dalam menentukan perkembangan kondisi serta keefektifan suplemen ini.

Bagi pasien yang lupa mengkonsumsi suplemen zinc sulphate, direkomendasikan untuk lantas melakukannya semacam itu teringat apabila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Kalau telah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Interaksi Zinc Sulphate dan Obat Lain

Terdapat sejumlah obat yang berpotensi menimbulkan respons tidak diharapkan apabila digunakan berbarengan dengan zinc sulphate. Sebagian di antaranya meliputi:

  • Produk obat yang mengandung fosfor.
  • Antibiotik tetrasiklin.
  • Antibiotik kuinolon.
  • Obat-obatan yang mengandung zat besi atau kalsium.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Zinc Sulphate

Kalau digunakan dengan takaran yang direkomendasikan, zinc sulphate jarang menyebabkan efek samping. Sebagian efek samping yang mungkin muncul dari suplemen seo ini adalah:

  • Sakit perut.
  • Iritasi pada lambung.
  • Sakit kepala.
  • Uring-uringan tanpa alasan yang jelas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*