Cara Melakukan Meditasi untuk Bumil

Stres yang dinikmati ketika hamil tergolong hal yang normal. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Salah satu pilihan yang bisa dijalankan oleh ibu hamil (bumil) untuk memecahkannya yakni rutin melakukan meditasi.

Meditasi yakni latihan pemusatan perhatian pada pernafasan dan pemikiran. Meditasi bisa dijalankan kapan dan di mana saja, bahkan ketika makan. Kecuali menenangkan, kegiatan ini juga berguna untuk meningkatkan energi tahan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan menjaga tekanan darah.

Meditasi tergolong aman untuk menjaga stamina tubuh dan menghilangkan stres pada ibu hamil. Sebaiknya hindari beberapa jenis olahraga yang cukup berat, seperti basket, sepak bola, dan mendaki gunung.

Berikut beberapa sistem meditasi yang aman dijalankan oleh ibu hamil:

Latihan pernafasan

Gerakan paling sederhana yang bisa Bumil lakukan yakni latihan pernafasan. Caranya yakni dengan duduk sambil bernapas melalui hidung dengan mulut tertutup. Pejamkan mata dan rasakan setiap hembusan nafas yang dihirup. Bendung nafas selama beberapa detik dan keluarkan secara pelan melalui hidung.

Bumil bisa melakukan gerakan ini sambil duduk di matras ataupun daerah tidur dengan posisi yang senyaman mungkin. Lakukan gerakan ini beberapa kali sampai pikiran Bumil benar-benar hening.

Relaksasi otot

Latihan relaksasi otot bertujuan untuk melemaskan otot yang kaku. Bumil bisa duduk di daerah tidur atau matras dengan posisi senyaman mungkin. Rasakan bagian tubuh yang tegang, lakukan peregangan pada bagian tersebut.

Seumpama, tangan Bumil merasa tegang, maka angkat kedua tangan ke depan. Kemudian lakukan gerakan peregangan tangan ke atas dan ke bawah secara pelan. Setiap gerakan bisa Bumil lakukan selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa kali sampai bagian yang tegang benar-benar relaks.

Latihan visualisasi obyek

Sistem melakukan latihan visualisasi yakni membayangkan suatu hal yang membuat Bumil berbahagia. Seperti berada di taman atau atau berjalan di pinggir pantai dengan udara yang benar-benar teduh. Bayangkan hal-hal yang membahagiakan tersebut dengan detil, seperti aroma udara yang dihirup dan warna langit yang dipandang.

Bumil bisa melakukan hal ini sambil duduk bersila di daerah yang Bumil senangi, seperti taman ataupun ruang keluarga. Selama melakukan latihan ini, atur pernafasan.

Kecuali melakukan meditasi seperti teladan di atas, yoga untuk ibu hamil bisa menjadi pilihan. Yoga layak dijalankan oleh ibu hamil pada trimester ketiga. Yoga bisa berguna untuk membuat pelaksanaan persalinan berjalan lebih lancar dan gampang.

Jangan biarkan stres mengganggu Bumil sebab memiliki bermacam efek yang bisa mengganggu kesehatan. Meditasi bisa menjadi pilihan sistem memecahkannya. Sedangkan demikian, Bumil bisa meminta anjuran dokter secara khusus dulu sebelum melakukan meditasi ataupun sistem lain yang dianggap efektif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*