Kunci Sukses dan Modal Dasar Wirausaha Menurut BJ. Habibie

Menurut eks presiden Republik Indonesia, BJ. Habibie ada kunci yang harus dimiliki oleh tiap-tiap orang yang ingin menjadi wirausahawan atau mereka yang sudah berstatus sebagi pengusaha supaya bisnisnya bisa terus maju dan berkembang. Apa kunci berhasil dan modal dasar wirausaha menurut BJ. habibie? “Kuncinya hanya satu, harus berorientasi pada pasar,” kata Habibie.

Menurut BJ. Habibie, bisnis yang berorientasi pasar benar-benar penting karena seluruh yang berbisnis akan berorientasi pada penjualan. Bila penjualan tak ada pasarnya, berbisnis malah jadi nihil. Orientasi pasar ini yaitu hal yang wajar dan sesuatu yang normal. Dikala berbisnis apa malah, pengusaha diminta untuk tak meninggalkan orientasi pasar yang akan disasar. Orientasi Pasar ini akan menjadi modal dasar bagi seluruh wirausahawan untuk bebisnis disegala situasi.

Habibie memberi teladan, dia rela kembali ke Indonesia dan membikin langkah yang inovatif di negara kita yaitu, industri strategis berupa bisnis pembuatan pesawat terbang. Sebenarnya, bisnis pesawat terbang itu kecil, volumenya tinggi, dan bisa mengabsorpsi banyak energi kerja. PT Dirgantara Indonesia yang dia rintis sempat mempunyai jumlah pekerja hingga 48.000 orang seo. Namun karena rezim Orde Baru yang melemahkan PT Dirgantara Indonesia, kini jumlah pekerjanya tersisa hanya 4.000 orang.

“Negara kita pernah berjaya dengan industri pesawat terbang hal yang demikian, tetapi kini ingin mati suri. Industri ini harus dibangkitkan kembali. Bila tak, kita akan kembali ke zaman 1945, dikala kita tak mempunyai industri itu,” kenangnya.

Untuk tips dalam berbisnis, Habibie berpesan bahwa seluruh orang, bagus berbisnis maupun tak, harus kredibel dalam seluruh situasi. Artinya, orang hal yang demikian harus bisa dipercaya bagi tiap-tiap orang yang menemuinya.

“Bila hal itu anda bisa lakukan, karenanya uang yang akan mengejar Anda,” tuturnya kepada page one google.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*