Mitsubishi All New Pajero Sport Indonesia

Sebelum peluncuran resminya akhir bulan ini, PT. KTB Mitsubishi Motors Indonesia memberikan izin kepada kami untuk mengeksplorasi All New Mitsubishi Pajero Sport, dan kami bahkan dapat menyebutkan bagaimana sebetulnya kendaraan beroda empat ini kepada anda sekaligus. Berhubung banyak detail yang harus dibahas, tulisan kami bagi menjadi 2 bagian agar tidak kepanjangan. Di bagian pertama ini kita akan membahas eksteriornya dulu, baru di bagian kedua kita bahas interiornya.

Jika kita tahu pada generasi sebelumnya, Pajero Sport masih satu basis dengan Mitsubishi Triton , bahkan tampilan ataupun interiornya mirip dengan versi pick-upnya, di generasi kedua ini, kesan tersebut benar-benar hilang, sebab di generasi ini tidak ada mirip-miripnya antara Pajero Sport dengan Triton. Ini adalah pengembangan yang baik, sebab dapat mengaburkan jauh-jauh kesan “Pick up di-SUV-in” seperti yang terdahulu.

2016 Mitsubishi All New Pajero Sport front fascia depan

Wajah Mitsubishi Pajero Sport baru sekarang sudah mengadopsi gaya desain anyar dari Mitsubishi yang dinamai Dynamic Shield. Lampu depannya berdesain menyipit, lengkap dengan LED DRL serta lampu xenon di dalam projector lens-nya. Di varian Dakar yang kami simak ini, masih ada headlamp washer seperti pada Pajero Sport Dakar lawas yang ditempatkan di bawah lampu depan. Tinggal pencet tombol washer di kabin, noda di lampu depan hilang meskipun tanpa daya mencuci 10 tangan.

Washer lamp Mitsubishi Pajero Sport 2016 baru versi Indonesia
Desain headlamp kanan-kirinya dikaitkan oleh gril chrome dan logo Mitsubishi di tengahnya. Terperinci berupa garis chrome di dalam headlamp yang menyatu dengan garis desain grilnya cukup ciamik dan kami menyenangi. Di bawah lampu depannya, dialek chrome berbentuk huruf C masih berlanjut hingga ke bagian atas foglamp. Pada bumper depan bagian bawah, trim silver melengkapi keseluruhan tampilan depan, dan jumlah chrome yang disematkan di muka yang beraura dinamis ini akibatnya lumayan juga.

Projector headlight lampu Pajero Sport baru dan grill

Meski wajahnya tergolong oke, namun jikalau dipandang lebih detail, masih ada celah yang menganga antara kap mesin dan gril, namun katanya itu bukan gara-gara build quality yang jelek, namun memang seperti itu desainnya. Demikian Lexus LFA saja ya? Tetapi kami penasaran bagaimana jikalau Mitsubishi meneruskan gaya Dynamic Shield ini ke mobilnya yang lain, namun jangan seperti Outlander Sport facelift yang desain inverted slent ala Lancer Evo X lamanya dijejali muka Dynamic Shield. Bukannya baik, bahkan maksa.

Nampak samping Pajero Sport baru 2016

Dari samping, kami kaget sebab ukuran wheel arch Pajero Sport baru ini tergolong tinggi dan lebar. Memang, generasi sebelumnya juga punya wheel arch yang tinggi, namun yang ini kelihatannya sedikit lebih lebar dan bagian dalamnya tidak dikasih lapisan penutup atau pelindung. Karenanya dari itu, kita masih dapat mengintip sebagian dari sasisnya, termasuk bagian mekanikal lain di sekitarnya.

Suspensi belakang Mitsubishi All New Pajero Sport baru 2016
Untuk macam Dakar, ada side step berbahan logam yang dibungkus dengan plastik, benar-benar berguna bagi kemudahan akses keluar-masuk dari SUV dengan ground clearance 218 mm ini. Spionnya sudah dilapis chrome dan ada lampu seinnya, handle pintunya juga sudah chrome dan ada tombol untuk keyless entry. Di sektor jendela, ada chrome (lagi) yang dipasang hingga ke pilar D.

All New Pajero Sport baru 2016 versi Indonesia nampak belakang

Jika memandang kendaraan beroda empat ini agak serong dari belakang, kendaraan beroda empat ini nampak gagah, tinggi dan ada kesan seperti hasil pahatan di struktur bodinya. Pajero Sport baru punya ban tebal dengan ukuran 265/60 untuk membungkus pelek 18 incinya yang menggunakan two tone blade style finishing, seperti kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat zaman sekarang.

Rem belakang cakram Mitsubishi All New Pajero Sport baru 2016
Nah, sekarang giliran kita menyimak bagian belakangnya yang katanya kontroversial. Sebenarnya aslinya tidak buruk-buruk benar-benar, namun desain lampu belakangnya seolah mengacaukan proporsi desainnya. Perhatikan baik-baik lampu belakangnya, seolah ada kemiripan dengan desain lampu Honda Jazz GK5 bukan? Hanya saja posisinya dibalik, sebab jikalau di Jazz lampu remnya ada di bagian atas, maka di kendaraan beroda empat yang awam disebut Pasport ini lampu remnya diletakkan di bawah, seraya menghasilkan kesan seperti tetesan air mata. Memperhatikan desain seperti ini memang bikin air mata mengucur.

Lampu belakang Pajero Sport baru All New 2016

Variasi bagusnya, teknologi LED sudah hadir di lampu Pasport, baik itu untuk lampu rem atau untuk positioning lamp-nya. Jika LED-nya adalah LED bar, jadi ada rasa-rasa bak kendaraan beroda empat Eropa di saat segala lampunya menyala.

Satu hal lagi yang berharap kami perlihatkan adalah, bagian atas dari buntut kendaraan beroda empat ini terlalu gundul dan terkesan mengotak. Mungkin ada bagusnya jikalau Mitsubishi memasangkan roof spoiler di bagian atasnya agar sedikit mengaburkan kesan jangkungnya. Sayangnya, meskipun postur belakangnya tinggi dan pintu bagasinya besar, kaca belakangnya cukup kecil, dan ini dapat mengganggu visibilitas ke belakang.

All New Mitsubishi Pajero Sport 2016 Indonesia nampak belakang
Variasi lain yang harus dihargai dari Pasport baru ini adalah, terlepas dari pengaplikasian lampu berdesain tetesan air mata tadi, pengaplikasian chrome di sektor buritan sama sekali tidak berlebihan, tidak seperti Suzuki Ertiga Dreza. Mitsubishi merasa cukup dengan batang chrome di antara lampu belakang, dialek silver di bawah bumper belakang serta emblem “Pajero Sport” dan “Dakar”. Kerja baik, Mitsubishi, soalnya kami sudah mual memandang terlalu banyak chrome baru-baru ini ini.

Mitsubishi Pajero Sport baru 2016

Jika anda adalah die hard fans kendaraan beroda empat 4WD atau menyenangi melumat medan off-road dengan kendaraan beroda empat anda, anda pasti menyenangi dengan overhang kendaraan beroda empat ini, belum lagi approach & departure angle dari Pajero Sport baru ini. approach & departure angle-nya didesain dengan baik untuk dapat melahap medan-medan berat yang sulit dilewati kendaraan beroda empat awam, layak untuk memandu bos memandang lokasi proyek di tempat-tempat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*